Strategi Formasi 4

Untuk itulah diperlukan kreatifitas dari setiap pemain untuk dapat bermain secara fleksibel dengan menyesuaikan keadaan permainan saat itu. Oleh karena itu peran seorang pelatih sangatlah penting dalam memimpin timnya dalam sebuah pertandingan sepak bola.

Melalui seorang pelatih yang baik, dalam sebuah tim akan terbentuk koordinasi yang baik antar pemain. Mereka akan mendapatkan guidance di luar lapangan yang mampu membaca arah permainan lawan dengan baik, sehingga dapat memberikan instruksi yang efektif kepada setiap pemain di dalam timnya. Hal ini akan menjadikan kinerja sebuah tim menjadi sangat kuat dan tidak mudah dikalahkan oleh pihak lawannya. Posisi pemain sepak bola dan juga teknik dasar permainan sepak bola yang dimiliki pemain menjadi penentu juga bagi sebuah taktik atau strategi dapat berjalan lancar atau tidak. Berikut di bawah ini akan diulas sedikit mengenai strategi yang paling umum dalam sebuah permainan atau pertandingan sepak bola.

Formasi yang tepat dipilih ketika untuk membentuk penyerangan. Formasi ini mengarahkan posisi gelandang menggiring beberapa orang timnya ke depan untuk menyerang.

Lalu satu orang mundur langsung ke belakang untuk mengamankan sisi pertahanan. Selain menggunakan strategi berkelompok, sebuah tim tentunya juga memerlukan strategi perorangan. Seorang pemain yang disiapkan untuk menjalankan strategi perorangan ini haruslah yang memiliki skill dan mental yang sangat baik di dalam timnya. Strategi ini mesti dilakukan secara cepat untuk memulai serangan ke pihak lawan, sehingga andaikan serangan yang dilancarkan itupun gagal, pemain lain di dalam tim akan dengan cepat bisa kembali lagi mengendalikan permainan.

Namun jika strategi individual ini berhasil, maka tentunya ini akan membahayakan pihak lawan dan bahkan dapat membuahkan sebuah gol yang manis. Disamping kematangan skill individual yang tentunya harus mumpumi, sebuah tim juga perlu dilengkapi dengan strategi kelompok yang baik. Dalam hal ini setiap 2 atau 3 pemain melakukan koordinasi baik bertahan ataupun menyerang, dan kemudian koordinasi tersebut disatukan dalam koordinasi menyeluruh untuk membangun serangan ataupun pertahanan yang efektif.

Penting untuk melihat garis besar pengaplikasian strategi dalam sebuah tim sepak bola. Sepengamatan penulis, strategi dengan menumpuk pemain bertahan di wilayah pertahanan ini dilakukan oleh tim-tim yang memang kalah diatas kertas. Artinya, bisa dikatakan bahwa yang melakukan strategi ini umumnya adalah tim-tim kecil saat menghadapi tim besar. Secara kekuatan tim dan sejarah pertandingan yang tak berimbang, tentu tim-tim kecil ini berharap agar ia masih bisa melakukan perlawanan meski itu hanya disektor belakang. Dengan menang jumlah pemain, tentu akan lebih memudahkan mereka kemudian untuk bisa menang.