Strategi Formasi Sepakbola

Seperti saat Yunani vs Argentina saat babak penyisihan group World Cup 2010, dengan Yunani yang menerapkan strategi ini. Nah, bagi sobat yang ingin belajar mengenai taktik dan strategi bermain bola voli, beruntung sekali sobat menemukan artikel ini. Artikel ini akan membahas berbagai macam pola penyerangan dan pertahanan dalam permainan bola voli. Tidak hanya itu, agar sobat lebih memahaminya SiswaMaster. com akan memberikan ilustrasi berupa gambar guna mendukung proses pemahaman belajar sobat. Formasi 4-2-4Selanjutnya terdapat pola penyerangan dalam permainan sepak bola dengan formasi 4-2-4.

Formasi pola penyerangan sepak bola ini terdiri dari 4 pemain bek, 2 pemain gelandang dan 4 pemain penyerang. Dibagian belakang formasi terdapat satu pemain yang bertugas sebagai bek kanan, dua pemain yang bertugas sebagai poros halang dan satu pemain yang bertugas sebagai bek kiri. Formasi ini juga menempatkan gelandang kiri dan gelandang kanan dibagian tengah lapangan. Selanjutnya bagian depan formasi terdapat dua pemain penyerang kiri luar dan dua pemain penyerang kanan luar. kedua pemain ini wajib memiliki kreativitas yang tinggi dalam bermain saat bertahan dan menyerang.

Biasanya, seorang target man yang dipilih harus bertipikal pekerja keras, lincah, dan memiliki kecepatan yang tinggi untuk mengejar umpan dan berduel dengan bek – bek lawan. Selain itu sang terget man harus bergerak cepat untuk memaksimalkan setiap peluang menjadi gol. Setiap pemain juga disarankan untuk melakukan tendangan spekulasi yang sulit ditahan oleh kiper. Tetapi jangan terlalu sering melakukan tendangan spekulasi, mengingat juga tidak harus bergantung pada keberuntungan tendangan spekulasi. Formasi ini sering dipakai oleh team yang kalah secara kualitas oleh team yang dilawannya.

Barcelona seslalu memainkan bola-bola pendek dan hampir menguasai seluruh lapangan. Kelebihan strategi ini adalah lebih menghemat energi karena didominasi umpan pendek yang cepat dan akurat. Tidak heran strategi ini merupakan musuh bebuyutan dari Quick Counter. Pola penyerangan adalah pola yang bertujuan menyerang lawan untuk mendapatkan kemenangan. Pola permainan ini tidak hanya dipilih secara acak, tetapi membutuhkan kejelian dan kehandalan yang baik dalam menentukannya.

Strategi ini adalah suatu strategi yang mementingkan penguasaan bola untuk mencegah lawan menguasai bola. Memang tidak mempriorotaskan penuh ke penyerangan seperti Quick Counter, tetapi cukup efektif dalam menyerang. Biasanya tim yang menggunakan strategi ini akan terus menguasai bola dengan umpan2 pendek yang cepat dan akurat. Dengan semakin lama menguasai bola, maka lawan akan semakin frustasi dan cenderung bertahan.